Sundara OS | More Than Complete, Just Linux | SUNDARA OS 7.33.3 LTS ULTIMATE “RAJA”

Bismillaahirrahmaanirrahiim
Rizal Muttaqin dari HIMTI (Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika) Universitas ParamadinaKPLT (Komunitas Penggiat Linux Tasikmalaya)/PawOn Linux Tasikmalaya beserta Tim pengembang Sundara OS dengan bangga mengumumkan terbitnya Sundara OS 7.33.3 LTS (Long Term Support) Ultimate kode “Raja’”. Versi ini merupakan versi pemutakhiran dari Sundara OS 7.33.2 LTS. Dengan berdasarkan Ubuntu 12.04.3 LTS ”Precise Pangolin” dan beberapa komponen Zorin OS 6, Zorin OS 7, Deepin LinuxBlankOn Rote 8 dengan fokus pada antarmuka yang ramah. Selain perangkat lunak dan versi kernel yang lebih mutakhir, Sundara OS 7.33.3 ini menghadirkan beberapa awakutu yang ada pada pendahulunya Sundara OS 7.33.1, tampilan yang baru, dan beberapa tambahan aplikasi. Berbasis GNOME 3.4.2 kernel 3.8.0-33-generic beserta headers-nya dengan lingkungan yang disesuaikan seperti pendahulunya “Sundara OS Desktop”.


Apa yang Baru

Butir
Sundara OS 7.33.3
Aplikasi Baru
Hadirnya Kingsoft Office yang memiliki antarmuka Ribbon UI dan mempunyai kompatibilitas cukup baik dengan Microsoft Office. Kingsoft Office ini membantu Anda yang terbiasa menggunakan aplikasi perkantoran Microsoft Office yang tidak menggunakan menu tradisional seperti pada LibreOffice, yaitu seperti pada Microsoft Office 2007, 2010, dan 2013.
Hadirnya Sundara Look Changer, aplikasi pengubah tampilan yang pernah menjadi debut pada edisi awal Sundara OS dengan skrip yang sama sekali berbeda.
Shutter kini dilengkapi gnome-web-photos untuk mengambil tangkapan layar suatu situs.
Penambahan lxsplit untuk keperluan splitting/joining.
GnoMenu diganti dengan SundaraMenu, diambil dari Zorin Menu yang bisa dipasang baik di AWN.
Selain apt-id, untuk keperluan pemasangan aplikasi secara luring (offline) telah ditambahkan mkisi, terima kasih kepada Wahyu Agung yang telah membuat aplikasi skrip ini.Aplikasi tambahan lainnya : gnome-search-tool (untuk pencarian berkas sederhana), f.lux dan indikatornya (untuk keperluan pencahayaan monitor agar mata tidak cepat lelah), desktop-facebook, hamster dan indikatornya (aplikasi untuk mencatat waktu pengerjaan sehingga menambah produktivitas), xchatmenggantikan xchat-gnome (xchat-gnome melag saat memuat daftar kanal di jaringan), polly mengantikan gwibber (yang tidak berjalan)
Penggerak
Menggunakan kernel 3.8.0-33-generic sehingga memiliki lebih banyak basis data perangkat keras terbaru (bandingkan dengan versi Sundara 7.33, 7.33.1 dan 7.33.2 yang masih tetap pada kernel versi 3.2.0.x)
Penggerak (driver) SIS 671 dan SIS 672 yang telah dikembalikan sesuai versi 7.33.1. Kami menemukan kesalahan dalam memasukkan Driver SIS 671 dan SIS 672 ini di versi 7.33.2, padahal yang benar adalah yang versi 7.33.1
Dokumentasi
Dokumentasi Buku Panduan Sundara OS yang lebih dirapihkan dan dimutakhirkan, yaitu adanya penambahan dokumentasi Openshot dan aplikasi mkisi dikarenakan dihapusnya paket openshot-doc.
Penampilan
Tampilan yang beralih dengan nuansa biru (tema GTK/Gnome Shell/Metacity/XFWM/Unity Sundara OS), tema ikon Karasa Jaga yang menerima perubahan besar-besaran terkait peralihan nuansa biru dan kini sudah mencapai 24.791 butir ikon menjadikannya tema ikon yang paling lengkap di jagad GNU/Linux! Bahkan tema ikon ini sangat kompatibel dengan banyak Desktop Environment, tidak terbatas di lingkungan GNOME saja. Hal ini diikuti juga penggantian tema OnBoard, SundaraMenu dan Unity Greeter nuansa warna biru.Tema ikon Windows 7, Mac OS X dan Luna pun mengalami pembaruan.
Untuk Anda yang masih senang dengan nuansa hijau, kami telah menyediakan pula tema GTK Sundara Hijau dengan padanannya tema ikon Karasa Jaga Hijau, tema GTK Mac OS X Lion, dan tema OnBoard Sundara Hijau.Selain itu, kami melakukan perubahan juga untuk konfigurasi Compiz:
  • Pengaktifan beberapa plugin tambahan secara bawaan, yaitu Applications Switcher (sehingga fungsi Alt+Tab bisa berjalan sempurna), KDE Compatibility, Desktop Cube (sebagai pengganti Desktop Wall), Rotate Cube, JPEG dan Shift Switcher (sehingga fungsi SHIFT + Tab berjalan sempurna)
  • Penyesuaian warna nuansa biru pada plugins Expo dan Grid. Untuk Desktop cube juga telah kami jadikan Skydome dengan latar langit.
Pada panel Avant Window Navigator, aplet Show Desktop dihilangkan dan diganti dengan aplet Notification Area (systray) sehingg auntuk aplikasi-aplikasi lawas (legacy), seperti Panel SCIM Anda tidak perlu mengganti sesi desktop ke Unity, GNOME Shell atau Manokwari, cukup pada sesi Sundara Desktop Anda sudah bisa menggunakan systray.
Penambahan tema iOS dan Android pada OnBoard.
Unity panel pada Sundara OS berubah menjadi warna gelap.
Tema latar Plymouth yang diubah.
Kendali jendela pada GNOME Shell telah diubah menjadi :miminize,maximize,close sehingga lebih menyatu dengan kendali jendela pada sesi Sundara Desktop.
Penambahan skin (lagi) untuk VLC Media Player.
Pengaya/Ekstensi/Plugin Aplikasi
Pengaktifan beberapa pengaya untuk Rhythmbox secara bawaan.
Penerjemahan ekstensi QIOO (Quran in OpenOffice.org) dan AddPics di LibreOffice ke Bahasa Indonesia.
Penghilangan Aplikasi
Penghilangan beberapa aplikasi yang dirasa tidak terlalu diperlukan atau fungsinya sudah diambil alih oleh aplikasi lain atau terlalu rakus pada sumber daya sistem sekaligus untuk memperkecil besar ISO: Clementine, LIOS (Linux Intelligent OCR Solution), semua pengaya dan markah di Google Chrome, PyChess, Filezilla, Barry Backup (sudah tidak dikembangkan lagi oleh pengembangnya), Nokuntu SP, guvcview, Open JDK 6.
Lain-lain
User root yang lebih bersih (riwayat perintah dan berkas/folder di /root sudah dihapus sepenuhnya).
SundaraMenu dengan menu bantuan sudah diarahkan pada Buku Panduan Sundara OS.
Penambahan PPA yang baru seperti Opera.
Penghilangan sumber perangkat lunak dari Medibuntu.
Daftar aplikasi di Unity dan di GNOME Shell yang dibuat satu irama.
Seperti versi sebelumnya, Sundara OS mengumpulkan aplikasi-aplikasi esensial khusus untuk memanjakan Anda. Aplikasi Istimewa ini kami kumpulkan dalam menu ‘Perangkat Lunak Sundara/ Sundara Software’ pada semua jenis sesi. Berikut aplikasi-aplikasi istimewa tersebut:

Aplikasi Istimewa Sundara

  1. Sundara Look Changer, merupakan aplikasi yang pernah muncul di edisi pertama,  Sundara OS 1.33, diturunkan dari versi gratis Zorin Look Changer, namun dengan fitur yang bahkan melebihi versi premium. Aplikasi ini mampu mengubah tampilan desktop Anda menyerupai beberapa antarmuka sistem operasi mainstream hanya dengan satu kali klik! Anda tidak perlu repot-repot mengonfigurasi di sana-sini. Cukup buka aplikasi dan pilih salah satu dari sekian antarmuka pilihan!!

  1. Billing Manager, merupakan perkakas yang memudahkan Anda untuk menghapus dan memasanggBilling, aplikasi buatan anak bangsa (terima kasih untuk Ardhan Mardas selaku pemrogram danDamar Riyadi selaku pengunggah PPA) yang ditujukan untuk memudahkan pengusaha warnet.
  2. Buku Panduan Sundara OS (revisi 3) sesuai dengan namanya, kami berusaha memberikan kemudahan yang lebih untuk Anda, terima kasih terutama kami sampaikan kepada Tim Dokumentasi BlankOn yang menjadi sandaran awal terciptanya buku ini. Selain panduan umum, di versi ini juga disertakan beberapa artikel yang mudah-mudahan bermanfaat. Terima kasih untuk masing-masing kontributor.
  3. Deepin Scrot, merupakan perkakas yang kami ambil dari Linux Deepin untuk mengambil tangkapan layar dengan kemampuan yang lebih interaktif. ‘Cuplikan Layar’ juga masih kami sediakan di sini.
  4. Manajer Peramban Web Sundara, seperti versi sebelumnya, fitur turunan Zorin OS ini sangat memberikan fleksibiltas untuk Anda untuk memasang dan menghapus peramban web (web browser).

  1. Otodidak, aplikasi pembelajaran GNU/Linux yang dibuat oleh Ade Malsasa Akbar, sangat cocok untuk para pemula yang baru belajar menggunakan sistem operasi GNU/Linux. Dilengkapi beragam gambar beserta penjelasan yang cukup esensial dan simulasi terminal.
  2. Sundara Driver Installer, seperti versi sebelumnya, untuk memasang driver propietary yang khusus ditujukan pada pengguna yang tidak memiliki koneksi Internet yang memadai ataupun bahkan tidak memiliki koneksi Internet sama sekali. Fitur ini diturunkan dari AriOS 3.0, Dengan Sundara Driver Installer, komputer dengan Graphic NVIDIA atau ATI dapat memenuhi kebutuhan drivernya secara luring (offline); Versi ini telah membawa paket-paket luring (offline) yang telah dimutakhirkan dari versi Sundara Driver Installer sebelumnya.
  3. Tutorial Tugas Akhir dengan Writer, untuk Anda yang ingin membuat dokumen dengan rapi. Buku elektronik ini membantu Anda menjadi profesional dalam mengetik dokumen .
  4. Xtreme Download Manager, pendatang baru pengatur unduhan dengan tampilan dan fungsionalitas 90% mendekati aplikasi populer Internet Download Manager, mampu mempercapat unduhan sampai 500%!

Yang Istimewa

  • LibreOffice 4.1.3.2: Palet (template), Galeri (Clip Art), Al Quran yang sangat banyak
  • GoldenDict 1.0.2: dengan dilengkapi basis data kamus KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Edisi III 2005, English-Indonesia, Indonesia-English, Oxford Advanced Learner’s Dictionary, Kamus Basa Sunda-Indonesia LTIS (Loka Tarjamah Indonesia Sunda), Kamus Basa Indonesia-Sunda LTSI (Loka Tarjamah Sunda-Indonesia).
  • GIMP 2.8 dengan dukungan jendela tunggal, gimp-plugin-registry.
  • Dukungan terhadap non latin dan aksara nusantara (Bali, Jawa, Lontara, Nanggar, Sunda). Terima kasih untuk para pengembang BlankOn
  • Dukungan terhadap Samba sebagai solusi berbagi berkas dalam jaringan dengan Windows
  • Dukungan wvdial 1.61 dan Gnome PPP untuk koneksi modem
  • Teknologi axel dengan APT dalam apt-fast, memungkinkan Anda untuk mengunduh perangkat lunak secara paralel dan lebih cepat
  • DropBox dan UbuntuOne yang terintegrasi sebagai layanan komputasi awan Anda
  • Multisystem, untuk membuat Flashdisk multi sistem operasi
  • WINE 1.7.4 dan PlayOnLinux 4.2.1, untuk menjalankan aplikasi Windows Anda, memasang aplikasi bermain game platform Windows menjadi bukan masalah

Daftar Aplikasi Lengkap

Berikut ini adalah daftar aplikasi yang terpasang secara bawaan.

Aplikasi Aksesoris

  • Avant Window Navigator 0.4.1, panel/jangkar yang mirip Mac OS X, digunakan sebagai panel bawaan di sesi Sundara OS Desktop.
  • Bantuan yang merupakan versi Gnome (Termasuk di dalamnya bantuan tentang sesi Gnome Shell)
  • Cari Berkas… (gnome-search-tool) 3.4.0, perkakas pencarian sederhana
  • Cardapio 0.9.200, berjalan di AWN, Docky dan Gnome Shell)
  • Chmsee 1.3.1.1, untuk membuka berkas CHM
  • Cuplikan Layar (Gnome Screenshot) 3.4.1
  • Facebook App
  • DocX 0.90.3, DockBarX yang berdiri sendiri
  • Docky 2.1.4, jangkar yang juga mirip pada jangkar Mac OS X.
  • Gedit 3.4.1
  • f.lux indicator applet
  • Gloobus Preview 0.4.5, melihat secara pratampil berkas atau isi folder tanpa harus membukanya dengan aplikasi yang bersangkutan, mirip QuickLook pada Mac OS X.
  • Hamster Indicator 0.1.37
  • Kalkulator 6.4.1.1
  • KeePassX 0.4.3, manajer sandi
  • Kontak 3.4.0.1 (Gnome Contact), terintegrasi dengan akun Empathy
  • Manajer Arsip 3.4.1 (File Roller), solusi dari WinRAR dan WInZip, mampu membuka, membuat dan mengekstraksi banyak jenis berkas termampatkan.
  • Multisystem 1.0277
  • Multisystem TestIso
  • Parcellite 1.0.2, manajer papan klip untuk mengatur riwayat salin/potong tempel (cut/copy paste)
  • Pengaturan Lanjutan 3.3.4 (Gnome Tweak Tool)
  • qShutdown 1.6.1, untuk mengatur waktu mati/hidupkan ulang/suspend/hibernasi sistem
  • Shutter 0.90-1 dan indicator-shutter 0.2-1 untuk keperluan tangkapan layar dengan pengaya dan fungsi yang banyak
  • Synapse 0.2.10, membantu Anda meluncurkan aplikasi, membuka berkas/folder terakhir, mencari di Internet secara cepat
  • Terminal 3.4.1.1, aplikasi emulasi terminal untuk mengakses perintah-perintah shell dan memanggil aplikasi
  • Terminal Root, membuka terminal dengan akses pengguna root
  • Emulator Terminal Terra, terminal dengan antarmuka yang dropdown, bisa disembunyikan dan dimunculkan kembali, dipecah ke samping atau ke atas/bawah
  • Tabel Karakter
  • xdiagnose, mendiagnosa dan memperbaiki X.org

Aplikasi Grafik

  • Art Of Illusion 2.9.1, untuk modelling, rendering dan raytracer 3D
  • Blender 2.69, untuk membuat kreasi 3D
  • Dia Diagram Editor 0.97.2, untuk membuat diagram alir, topologi jaringan, skema basis data, dan sebagainya
  • GIMP 2.8.8, solusi kreasi gambar bitmap seperti Potoshop
  • gThumb 3.3.0, penampil dan pengatur gambar, solusi dari ACDSee
  • Inkscape 0.48.3, aplikasi kreasi gambar vektor dengan format standar W3C: SVG (Scalable Vector Graphic), solusi dari CorelDRAW atau Adobe Illustrator
  • LibreCAD 1.0, aplikasi Computer Aided Design 2 D
  • LibreOffice Draw, bagian dari aplikasi paket perkantoran LibreOffice untuk menggambar
  • Manslide 2.0.3, untuk membuat tampilan slide (slideshow) dengan efek 3D
  • Pemindai Ringkas 3.4.3
  • Penampil Gambar 3.4.2
  • Penampil Dokumen 3.4.0
  • Photoprint 0.4.2, mengatur dan mencetak foto-foto dalam ukuran-ukuran tertentu sebagai solusi dari PhotoScape
  • Scribus 1.4.0, untuk keperluan publikasi, membuat majalah sebagai solusi dari Adobe InDesign
  • Shotwell 0.14.1~1, manajer foto dijital

Aplikasi Internet

  • Berbagi Desktop 3.4.2 (Vino) untuk mengontrol sistem Anda dari lokasi yang berbeda
  • Billing Manager 1.0
  • Elinks Web Browser 0.12, peramban web berbasis terminal untuk mempercepat pemuatan halaman web
  • Empathy 3.4.2.3, sebagai aplikasi obrolan multi layanan
  • Facebook Web Apps
  • Peramban Web Browser Firefox 25.0 dengan pengaya yang bermanfaat seperti DownloadHelper, Facebook Phising Protector, F.B. Purity CleanUp Facebook, Firebug, FlashGot, ImgLikeOpera, LocationBar Enhanced, Scrapbook, Shareaholic, PrintPDF, dan UploadScreenshot.com
  • GNOME PPP 0.3.23 & GNOME PPP 0.3.23 (root mode), untuk menghubungkan dengan modem. GNOME PPP (root mode) adalah GNOME PPP dengan hak akses pengguna root
  • Google Chrome 30
  • Google Earth 7.1.2.2041 untuk melihat citra bernuansa satelit
  • GYachE Improved 1.2.11
  • Manajer Peramban Web Sundara
  • Pengunduh Video ClipGrab 3.3.0.1, mengunduh video YouTube dari aplikasi desktop
  • Polly 0.9.3.11 sebagai pengganti Gwibber untuk layanan sosial Twitter.
  • Remmina Desktop Manager 1.0.0.1, sebagai aplikasi klien destop jarak jauh (remote desktop client)
  • Sakis 3G 0.2.0e
  • Selaraskan
  • Skype 4.2.0.11, aplikasi percakapan video populer dari Microsoft
  • Thunderbird Mail 24.2.0, klien surat elektronik, RSS Feed dan obrolan, solusi dari Microsoft Outlook. Thunderbird juga sudah dilengkapi ekstensi kalender Lightning
  • Transmission 2.82 klien BitTorrent untuk mendistribusikan data melalui Internet dengan format *.torrent
  • uGet 1.10.3, manajer unduh dengan kemampuan penjadwalan, penerusan, pengantrian, pengkategorian, pemantauan clipboard, dan sebagainya sebagai solusi dari Internet Download Manager. uGet ini diintegrasikan dengan ekstensi FlashGot di Mozilla Firefox.
  • Xchat 2.8.8.3, sebagai aplikasi obrolan IRC (Internet Relay Chat) solusi dari mIRC.
  • XTReme Download Manager, aplikasi manajer unduh yang mampu meningkatkan kecepatan sampai 500%, dengan antarmuka dan fungsi 90%+ mirip dengan Internet Download Manager.

 Aplikasi Pemrograman

  • Geany 0.21, IDE (Integrated Development Environment) sebagai solusi dari Notepad ++

Aplikasi Pendidikan

  • gCompris 12.01, seperangkat permainan edukatif untuk anak-anak, seperti belajar menulis, membaca, berhitung, dan sebagainya
  • TuxMath 1.8.0-4, aplikasi matematika untuk anak-anak yang interaktif
  • TuxPaint 0.9.21, belajar menggambar untuk anak-anak
  • TuxTyping 1.8.1-5, aplikasi belajar pengetikan untuk anak-anak

Aplikasi Perkantoran

  • Kingsoft Office 9.1.0.4207 (Writer, Presentation, Spreadsheet)
  • LibreOffice 4.1.3.2 (Base, Calc, Impress, Math, Writer)
  • PDF Mod 0.9.1-5, menata ulang seperti menghapus, mengekstrak, menambah dokumen PDF
  • GoldenDict 1.0.2, kamus multi bahasa

Aplikasi Permainan

  • AisleRot Soltaire 3.2.3, dengan artwork yang baru
  • Freecell Solitaire
  • Glines 3.4.1
  • GNOME Chess 3.4.1 yang bisa beralih jadi modus 3D
  • Mahjongg 3.4.1
  • Sudoku 3.4.1, permainan puzzle Sudoku
  • PlayOnLinux 4.1.3
  • STEAM, launcher untuk layanan distribusi permainan game STEAM
  • Tanglet 1.1.1, permainan mencari kata berdasarkan Boggle
  • WarZone 2100 3.1.0.1
  • ZAZ (ZAZ a’int Z***) 1.0

Aplikasi Suara & Video

  • Audacious 3.4.2-1, sebagai solusi dari WinAmp
  • Audacity 2.0.1, merekam dan menyunting suara
  • Brasero 3.4.1, untuk membakar data biasa, audio, video, menyalin CD/DVD sebagai solusi dari Nero Burning ROM
  • Cheese 3.4.1, mengambil foto dengan menggunakan kamera web, dengan banyak efek menarik
  • ekd 3.1.0, menyunting berkas teranimasi untuk pasca-produksi video dan gambar-gambar
  • Format Junkie 1.07-1, mengkonversi berkas media menjadi format populer
  • Gespeaker 0.8.1, mengucapkan teks yang ditulis dengan banyak pengaturan
  • GNOME Subtitle 1.2-4, Gnome Subtitles penyunting subjudul (subtitle), yaitu tulisan yang biasanya terjemahan dari suatu video/film.
  • Kazam Screencaster 1.4.3, merekam video dari aktivitas layar
  • Mobile Media Converter 1.8.4, konversi berbagai format audio dan video untuk berbagai media
  • OpenShot Video Editor 1.4.3, membuat dan menyunting video sebagai solusi dari Windows Movie Maker
  • Pemutar Film Totem 3.0.1
  • OSD Lyrics 0.4.3-1, aplikasi penampil lirik lagu berjalan yang sedang dimainkan oleh pemutar musik, solusi dari MiniLyric
  • Perekam Suara 3.4.10
  • Rhythmbox 2.96, aplikasi manajer koleksi musik, memainkan dan menyunting metadatanya dengan berbagai pengaya yang ditambahkan
  • TuxGuitar 1.2, penyunting dan pemutar tablatur gitar
  • VLC Media Player 2.0.8, pemutar multimedia dengan disertai banyak skin terpasang
  • WinFF 1.4.1, konversi berbagai format multimedia Anda

Aplikasi Aksesibilitas

  • OnBoard 0.9.7, papan tik di layar
  • Orca 3.4.0, teknologi pemandu

Aplikasi Sistem

  • Deja Dup 22.0, perkakas back up
  • Driver Nirkabel Windows (ndis-gtk) 0.8.5-1, memasang driver nirkabel Windows berekstendi *.inf
  • GParted 0.16.1-1, membuat, mengorganisasi dan menghapus partisi
  • Pembuat Diska Pemulaian (usb-creator-gtk) 0.2.38, membuat USB pemasangan Ubuntu dan turunannya
  • Pengujian Sistem (checkbox-qt) 0.13.9, memeriksa fungsionalitas perangkat keras di sistem
  • Perkakas Jaringan (gnome-nettool) 3.2.0, antarmuka grafis untuk fungsi-fungsi jaringan utama
  • Pusat Perangkat Lunak Sundara OS (software-center), memasang aplikasi secara terpusat
  • Remastersys 3.0.4-2
  • Samba (system-config-samba) 1.2.63, manajer grafis untuk samba
  • Storage Device Manager (pysdm) 0.4.1, menyunting titik kait dari perangkat tanpa harus menyunting berkas /etc/fstab secara manual
  • Adobe Flash Player (adobe-flash-properties-gtk), pusar pengaturan untuk Adobe Flash
  • Aplikasi Awalan
  • Splash Screen Manager 1.2, mengubah tema Plymouth
  • Berbagi Berkas Pribadi
  • AWN Settings, mengatur Avant Window Navigator
  • CompizConfig Setting Manager 0.9.5.92, mengatur manajer jendela Compiz
  • GPaste daemon setting, mengatur manajer clipboard GPaste (manajer clipboard untuk Gnome Shell)
  • Metoda Masukan Papan Tik
  • OpenJDK Java 7 Policy.
  • QT 4 Setting (qt4-qtconfig), mengatur aplikasi QT di sistem
  • Pengaturan OnBoard
  • SCIM Input Method, sebagai backend dukungan penulisan aksara non latin, termasuk aksara daerah nusantara
  • Utilitas Diksa (palimpsest) 3.0.2
  • Dconf-Editor 0.12.0, mengatur DE
  • Penganalisa Penggunaan Disk
  • Oracle VM VirtualBox 4.3.2, menjalankan beberapa sistem virtual
  • Tatanan Sistem (Gnome Control Center) 3.4.1
  • UNetBootin, membuat LiveUSB yang dapat dimuat (bootable LiveUSB) dari sistem operasi
Aplikasi CLI
  • APT-id, untuk mengunduh dan memutakhirkan sistem di tempat yang terpisah,untuk memfasilitasi update database APT (sudo apt- get update) dan eksekusi otomatis untuk berkas-berkas hasil download.
  • Lxsplit 0.24, memecah (splitting) and menggabungkan (join) berkas, kompatibel dengan HJSplit.
  • Mkisi, tujuannya mirip seperti apt-id namun dengan kemampuan yang lebih: mampu mennangani proses pengunduhan paket perangkat lunak bahkan untuk versi Ubuntu yang berbeda-beda.

Isu yang diketahui

  • Tombol ‘Keluar..’ dan ‘Matikan…’ pada Cardapio (masih) belum berfungsi
  • Sesi Manokwari tidak bisa menangani submenu di Perkakas Sistem->Administrasi, Perkakas Sistem->Preferensi dan Pusat Perangkat Sundara OS. Tembok kertas (wallpaper) berwarna putih.
  • Xtreme Download Manager yang (masih) sering keluar peringatan ‘error creating shortcu

0 comments: